Get This Home Wan Hazel Tutorial Wan Hazel Tutorial Wan Hazel Tutorial Wan Hazel Tutorial Get This.

Sunday, June 12, 2011

Massa Jenis dan Pemuaian

1.     Massa Jenis

Massa Jenis adalah hasil bagi dari massa dan volume. Massa jenis zat yang sama adalah sama besar. Massa jenis ditentukan dari jenis zatnya. Massa jenis juga merupakan ciri suatu zat.
Rumus: P = m/v
  = massa jenis, satuan kg/m3, g/cm3
m  = massa, satuan kg,gram
v   = Volume, satuan m3,cm3


2.    Pemuaian

Memuai adalah keadaan dimana jarak antar partikel semakin merenggang akibat kenaikan suhu.

Koefisien muai panjang adalah pertambahan panjang setiap 1 meter logam jika suhunya naik 1  Semakin besar koefisien muai suatu zat maka  pertambahan panjang,luas, atau volume zat akan semakin panjang. Semakin kecil koefisiennya maka pertambahannya semakin kecil.

Sifat anomali air, adalah “Jika suhu air dinaikkan dari 0  ke 4 , volume air akan menyusut. Jika suhu air diturunkan dari 4  menjadi 0 , volume air justru bertambah.

Pemuaian pada Bimetal
Bimetal adalah dua keeping logam yang dikeling menjadi satu. Jika dipanaskan, bimetal akan melengkung ke arah logam yang memiliki koefisien muai panjangnya lebih kecil. Dan bila didinginkan, bimetal akan melengkung ke arah logam yang koefisien muai panjangnya lebih besar. Hal ini terjadi karena saat dipanaskan,logam yang koefisien muai panjangnya lebih besar akan memuai lebih cepat dan menekan ke arah logam yang muai panjangnya lebih kecil dan sebaliknya.
Bimetal biasa digunakan pada lampu sen mobil dan termostat bimetal.

Saat kita menuangkan air panas ke dalam gelas kaca, tiba-tiba gelas tersebut pecah. Ini terjadi karena bagian dalam gelas memuai terlebih dahulu daripada bagian luar gelas.

Kawat telepon atau kawat listrik sengaja dibuat kendur, karena untuk menghindari putusnya kawat pada hari dingin akibat penyusutan.

No comments:

Post a Comment