Get This Home Wan Hazel Tutorial Wan Hazel Tutorial Wan Hazel Tutorial Wan Hazel Tutorial Get This.

Sunday, June 12, 2011

Hikayat Seribu Satu Malam (Asal Mula Terjadinya Cerita Seribu Satu Malam)

Hmm... ini sebenarnya merupakan tugas arab melayu dari guru sekolah saya. Tugas ini diberikan waktu saya kelas 9. Ini adalah cerita versi lain dari Hikayat 1001 Malam. Cerita ini adalah tentang bagaimana awal mula dari kisah-kisah 1001 malam yang selama ini kita tahu. Nah... silahkan membaca atau mau mendownload versi arab melayunya bisa didownload disini!



Hikayat Seribu Satu Malam

Zaman dahulu kala, di sebuah hutan, hiduplah seorang gadis yang sangat cantik dan cerdas serta pandai bercerita bernama Syahdini. Pekerjaan mereka adalah sebagai pencari kayu bakar di hutan. Ayahnya sudah lama meninggal, sehingga ibunyalah yang harus bekerja membanting tulang. Suatu hari, Ibunya yang sudah tua itu sakit-sakitan. Sehingga Syahdinilah yang harus bekerja mencari kayu bakar sekaligus yang mengurus rumah dan ibunya
Suatu hari, saat Syahdini baru pulang dari mencuci pakaian di sungai, ia menemukan seorang lelaki terdampar di tepi sungai. Syahdini  pun membawa orang itu ke rumahnya. Ia mengobati dan merawat lelaki tersebut dengan baik. Beberapa hari kemudian lelaki tersebut sadar dan berkata,”Dimana aku? Dan siapa engkau?””Namaku Syahdini dan ini rumahku, Aku menemukanmu dalam keadaan pingsan di pinggir sungai. Siapakah namamu? Dan dari manakah dan untukapa engkau datang ke kampung ini?” Kata Syahdini. “Nama saya Syahrizal dan saya adalah raja dari sebuah negeri dan saya kesini untuk berburu.” Jawab Syahrizal. Dalam masa pemulihan, mereka menjadi semakin dekat dan mereka pun saling jatuh cinta.

Saat raja  tersebut sudah sembuh dan akan pulang ke istananya, ia melamar Syahdini untuk menjadi istrinya dan ingin membawa Syahdini ke istananya. Syahdini menerimanya dengan senang hati. Mereka pun pergi ke istana sang raja. Sesampainya di istana mereka disambut dengan meriah oleh rakyat dan para penghuni istana. Kecuali kedua istri tua raja Syahrizal dan para dayangnya. Mereka merasa iri terhadap Syahdini.
Esoknya, diadakanlah pesta pernikahan Syahdini dan Syahrizal yang berlangsung meriah. Setelah menikah Syahrizal memberikan perhatian lebih  kepada Syahdini. Hal ini semakin menimbulkan iri pada kedua istri tua raja. Mereka pun memfitnah Syahdini di hadapan raja Syahrizal. Dengan mengatakan bahwa Syahdini berselingkuh dengan seorang pesuruh istana. Awalnya, sang raja tidak percaya  dengan cerita tersebut. Namun mereka membayar seorang pesuruh istana untuk memfitnah Syahdini. Akhirnya sang raja percaya lalu menghukum Syahdini dengan hukuman pancung.
Esok harinya saat hukuman akan dijalankan, Syahdini meminta untuk diberikan permintaan terakhir. Raja menyetujuinya. Syahdini lalu berkata, “sebelum mati ia ingin menceritakan suatu kisah kepada raja.” Raja mempersilahkan Syahdini untuk bercerita. Karna ceritanya bagus dan panjang, raja sampai tertidur dan terbangun esok paginya.
Saat akan memulai hukuman, raja meminta untuk menunda hukuman, karena ia masih penasaran dengan cerita tersebut.
Begitulah seterusnya hingga seribu satu malam. Pada suatu malam seorang dayang berkata kepada raja bahwa Syahdini tidak bersalah, tetapi dua istri tuanya lah yang bersalah. Mendengar itu raja langsung menghukum kedua istri tuanya. Lalu raja pun meminta maaf kepada Syahdini.

Tamat :)

2 comments:

  1. HARGA PROMOSI
    Buku Hikayat 1001 Malam 1 set terdiri dari Jilid 1 sd 4
    Harga normal Rp. 625.000,-
    Harga diskon Rp. 375.000,-
    (langsung dari penerbit)
    Gratis ongkir wilayah DKI Jakarta,
    Luar DKI Jakarta sesuai tarif ekpedisi.
    Pembayaran bisa COD untuk DKI Jakarta
    Keterangan lebih lanjut :
    Divisi Marketing PT. Qisthi Jl. Melur Blok Z No 7 Duren Sawit
    Telp. 021 8610159 ext 105 dengan Sdr . Sapto Senoaji
    Hp : 0818150579 Pin BB : 270B3B47
    Sinopsis lengkap dapat anda lihat di www.qisthipress.com
    PENAWARAN BERLAKU SELAMA STOK MASIH ADA

    Cara Order via email atau sms :
    1. Kirimkan alamat kirim anda dan nomer telpon yang dapat kami hubungi ke email : saptosenoaji68@gmail.com atau sms ke 0818150579
    2. Kami akan mengirimkan berapa jumlah yang harus ditransfer .
    3. Transfer pembayaran ke : BCA atas nama Sapto Senoaji No Rek. 775-005-1871
    4. Konfirmasikan bahwa anda sudah melakukan transferan atau ingin pembayaran COD (khusus wilayah DKI Jakarta).
    5. Buku akan kami kirim ke ekpedisi maksimal 2 hari kerja. Jangka waktu kiriman diterima mengikuti aturan kerja pihak ekpedisi (Tiki atau PT Pos).


    ReplyDelete
  2. Hikayat 1001 Malam = 4 Jilid
    Penerjemah : Fuad Syaifudin Nur
    Penyunting : Anis Maftuhin
    Tata Letak : Ade Damayanti
    Desain Sampul : Tim Qisthi Prss
    ISBN: 978-979-1303-11-8
    Ukuran: 15,5 x 24 cm
    Jenis Buku: Hard Cover
    Jenis Kertas: HVS
    Kategori: Kisah Islami
    Harga : Rp. 625.000,-
    Harga Promo : Rp.425.000,-
    Free Ongkir utk DKI Jakarta, Luar DKI sesuai tarif ekpedisi.
    Hub. Sapto Senoaji Hp.0818051579 Pin BB :270B3B47

    ReplyDelete